didik wahyu setiyadi

Selamat Datang di Blog Saya,,
Blog ini saya buat sebagai wujud kecintaan saya terhadap Banyumas

Kamis, 09 Juli 2009

Lembar Jawab UAS teknokom

LEMBAR JAWAB UJIAN AKHIR SEMESTER
MATA KULIAH TEKNOLOGI KOMUNIKASI
JURUSAN ILMU KOMUNIKASI FISIP UNSOED
SEMESTER IV/TA. 2007

Nama : Didik Wahyu Setiyadi Dosen Pengampu : Edi Santoso,M. Si
NIM : F1C007052

1. Jelaskan Pandangan Manusia terhadap teknologi, khususnya teknologi komunikasi berdasarkan perspektif determinisme teknologi dan konstruksi sosial teknologi !
Jawab :
Teori Determinisme Teknologi di ungkapkan oleh Marshal Mc Luhan. Maksudnya adalah penemuan atau perkembangan teknologi itulah yang sebenarnya mengubah kebudayaan manusia. Maksudnya ialah, kebiasaan manusia sebelum mengenal teknologi yang secara rutin mereka lakukan akan berubah dikarenakan munculnya teknologi baru. Misalnya dulu banyak orang mencuci pakaian secara manual di sumur atau di sungai, namun setelah ditemukan mesin cuci mereka merubah kebiasaan tersebut. Urusan mencuci telah diserahkan keada sebuah mesin sehingga aktiviitas mereka pergi ke sungai sudah tidak bisa dijumpai lagi. Determinisme teknologi berangkat dari satu asumsi bahwa teknologi adalah kekuatan kunci dalam mengatur masyarakat. Dalam paham ini struktur sosial dianggap sebagai kondisi yang terbentuk oleh teknologi. Eksistensi manusia ditentukan oleh perubahan mode komunikasi. Teknologi juga akan membentuk konstruksi sosial dimana masyarakat akan merasa bahwa teknologi sangat dibutuhkan dalam kehidupan mereka dan sangat membantu dalan keseharian mereka.

2. Analisis kasus Prita Mulyasari, berdasarkan prinsip etika dan regulasi terkait UU ITE !
Jawab :
Berdasarkan pengamatan saya, kasus Prita Mulyasai merupakan sesuatu yang sangat fatal dan sangat berlebihan. Dimana hak seseorang untuk berpendapat dibatasi karena adanya kepentingan segelintir pihak. Dalam UU ITE yang saya baca disana tertera bahwa setiap orang diberi kebebasan untuk menyampaikan pendapatnya dalam berbagai media termasuk surat elektronik email. Prosedur hukum yang benar tidak diterapkan karena adanya kepentingan dari pihak kejaksaan dengan Rumah sakit OMNI Internasional. Susah menjadi rahasia umum bahwasanya keduanya telah menjalin kerjasama. Penangkapan Prita merupakan wujud ungkapan terimakasih dari pihak kejaksaan kepada RS OMNI atas medical check up gratis bagi orang-orang Kejaksaan Negeri Tangerang.
Dalam UUD 1945 pun telah dijelaskan dalam pasal 28 bahwa setiap norang dilindungi dalam kebebasannya berpendapat di muka umum. Pendapat yang disampaikan Prita melalui millist email merupakan fakta pengalaman pribadinya. Sangat syah hal ini dilakukan. Dan menurut saya pribadi apa yang ditulis Prita tidak melanggar kode etik. Dan seharusnya pihak RS OMNI dan dokter yang merasa dirugikan menanggapinya dengan bijak. Dengan adanya keluhan konsumen ini, mereka seharusnya lebih meningkatkan kualitas pelayanannya. Penangkapan Prita merupakan bentuk arogansi RS OMNI. Apapun itu, tak seharusnya hukum dijadikan tameng oleh beberapa pihak untuk membatasi hak seseorang menyampaikan pendapatnya.

3. Bagaimana menurut pendapar anda, apakah mungkin terjadi era tanpa kertas ?
Jawab :
Saya kurang sependapat dengan PAPERLESS. Saya sangat meyakini akan eksistensi kertas sebagai media komunikasi. Tidak bisa dipungkiri bahwa perkembangan teknologi membawa kita ke era digital dengan segala kelebihannya. Namun melihat fakta yang ada di lapangan, masih banyak peminat media kertas. Contohnya pada perkembangan koran di tanah air, dimana hampir semua perusahaan koran menyediakan koran dalam bentuk digital yang bisa diakses melalui internet, namun edisi klasik dalam bentuk kertas masih banyak diminati konsumen dan masih laris di pasaran. Jadi Intrinya, perkembangan teknologi berdampak pada penggunaan media kertas. Hal ini berdampak secara kuantitas saja. Penggunaan kertas memang akan berkurang, namun tidak menghilang secara keseluruhan. Artinya Eksistensi kertas diyakini akan selalu ada dalam media komunikasi massa. Walaupun teknologi berkembang sangat pesat dan dapat diakses oleh banyak khalayak, namun saya percaya bahwa kekuatan yang dimiliki kertas akan membawa eksistensinya hingga ke beberapa jaman ke depan.

4. Jelaskan implikasi hadirnya teknologi satelit !
Jawab :
Satelit membantu transformasi sistem komunikasi dan membuat kita dapat menyatukan informasi dari seluruh dunia dengan cepat. Nilai utama dari satelit adalah kemampuannya untuk menjaga komunikasi dengan stasiun di bumi yang menjadi area cakupannya. Perubahan besar yang muncul setelah berkembangnya teknologi satelit adalah pertumbuhan teknologi komunikasi tanpa kabel seperti handphone dan internet tanpa kabel, atau lebih dikenal dengan sebutan hotspot. Local Area Network (LAN) juga dapat didukung dengan teknologi wireless sehingga ada istilah WLAN, Wireless LAN. Teknologi satelit juga digunakan dalam siaran televisi. Hampir semua pertukaran informasi digital di seluruh dunia menggunakan satelit sbagai media perantaranya.

5. Mengapa di sebagian besar negara termasuk Indonesia, teknologi televisi digital sulit untuk diterapkan ?
Jawab :
Jika dibandingkan dengan siaran TV berbasis analog, kualitas gambar dan suara yang dihasilkan siaran TV digital lebih tajam dan jernih. Televisi digital bisa dinikmati melalui televisi yang menggunakan modulasi digital dan sistem kompresi untuk menyiarkan sinyal video, audio, dan data ke pesawat televisi. Bisa juga dinikmati melalui Handphone dengan fasilitas mobile TV atau menggunakan laptop yang terhubung ke internet sebagai sarana penunjangnya. Teknologi ini sangat sulit untuk diterapkan di sebagian besar masyarakat dunia khususnya di Indonesia karena tidak semua masyarakatnya bisa memiliki media penunjangnya seperti handphon dengan mobile TV dan media internet. Bahkan televisi yang digunakan oleh mayoritas masyarakat Indonesia masih berbasisi analog. Mahalnya media televisi digital menjadi alasan utama mengapa banyak orang belum bisa menikmati fasilitas ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar